TEMPAT KURSUS SOLAR CELL

kursus solarsel, merakit solar sel, listrik tenaga surya, kursus membuat listrik tenaga surya, sekolah merakit listrik tenaga surya.
MENGAPA HARUS SOLAR SEL YANG DIPILIH

A.    Latar Belakang.
Indonesia memiliki karunia sinar matahari. Hampir di setiap pelosok Indonesia, matahari menyinari sepanjang pagi sampai sore. Energi matahari yang dipancarkan dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan panel surya / solar cell. Pembangkit listrik tenaga surya adalah ramah lingkungan, dan sangat menjanjikan. Sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan pembangkit listrik menggunakan uap (dengan minyak dan batubara).Perkembangan teknologi dalam membuat panel surya / solar cell yang lebih baik dari tingkat efisiensi, pembuatan aki yang tahan lama, pembuatan alat elektronik yang dapat menggunakan Direct Current, adalah sangat menjanjikan.Pada saat ini penggunaan tenaga matahari (solar cell) masih dirasakan mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita gunakan saat ini sebenarnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit tenaga listrik uap, distribusi tenaga listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.

Panel surya / solar cell sebagai komponen penting pembangkit listrik tenaga surya, mendapatkan tenaga listrik pada pagi sampai sore hari sepanjang ada sinar matahari. Umumnya kita menghitung maksimun sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Tenaga listrik pada pagi - sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik dapat digunakan pada malam hari, dimana tanpa sinar matahari.
Karena pembangkit listrik tenaga surya sangat tergantung kepada sinar matahari, maka perencanaan yang baik sangat diperlukan. Perencanaan terdiri dari:
  • Jumlah daya yang dibutuhkan dalam pemakaian sehari-hari (Watt).
  • Berapa besar arus yang dihasilkan panel surya / solar cell (dalam Ampere hour), dalam hal ini memperhitungkan berapa jumlah panel surya / solar cell yang harus dipasang.
  • Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan penggunaan tanpa sinar matahari. (Ampere hour).
Dalam nilai ke-ekonomian, pembangkit listrik tenaga surya memiliki nilai yang lebih tinggi, dimana listrik dari PT. PLN tidak dimungkinkan, ataupun instalasi generator listrik bensin ataupun solar. Misalnya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dll. Dari segi jangka panjang, nilai ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik tenaga sury  dengan panel surya / solar cell memiliki daya tahan 20 - 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 - 5 tahun.

Melihat kondisi diatas, kami dari LPK NCP JAKARTA ingin turut serta membantu program pemerintah untuk Penghematan energy listrik yang ramah lingkungan ini. Serta meningkatkan keterampilan hidup (life Skill) kepada peserta latih teknisi solar cell tersebut pelatihan Teknik Solar cell hasil dari pelatihan tersebut dapat diaplikasikan langsung dan ini menjadi peluang pasar sekaligus gerakan penghematan energy atau Go Green.
Dalam penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan oleh LPK NCP JAKARTA , pelatihan life skill  unsur-unsur yang diberikan  antara lain :
·         Kemampuan teknis keterampilan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan ekonomi yang berkembang didaerah  yang bersangkutan sehingga usaha yang didirikan dapat bertahan bahkan dapat berkembang terus sesuai dengan kebutuhan dasar.
·         Peningkatan kualitas diri sebagai individu mempunyai kepribadian yang kuat.
·         Membangun jiwa intrepreneuship karena keberhasilan individu dalam mengembangkan usahanya juga sangat tergantung pada keinginan dan semangatnya untuk berkembang.
·         Pengetahuan manajemen usaha, karena suatu usaha mutlak harus diorganisir dengan baik, oleh karena itu materi manajemen usaha merupakan hal yang penting, tanpa manajemen yang baik sulit usaha dapat berkembang.

Adapun alasan LPK NCP mengajukan subsidi program pelatihan life skill tentang keterampilan teknik Perakitan Solar cell adalah :
a.         Energi yang terbarukan / tidak pernah habis
b.        Bersih, ramah lingkungan
c.         Umur panel surya / solar cell panjang/ investasi jangka panjang
d.        Praktis, tidak memerlukan perawatan
e.         Sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia
f.         Bahan baku banyak tersedia dipasaran

B.     Maksud dan Tujuan
  1. Tujuan Umum
Memberikan keterampilan dan kecakapan hidup tentang teknik perakitan solar cell kepada peserta didik, sehingga dapat bekerja untuk mendapatkan hasil yang layak dan dapat langsung diaplikasikan untuk diri sendiri maupun secara organisasi.
  1. Tujuan Khusus
1.         Memberikan wawasan umum tentang dunia usaha, teknogi dan  intrepreneuship.
 ( Jiwa Wirausaha)
2.         Memberikan kemampuan dasar mengelola usaha kecil yang dapat dijadikan sumber penghasilan dimasa yang akan datang ( Usaha mandiri )
3.         Mengembangkan potensi diri peserta untuk memahami nilai-nilai kerja  yang profesional.
  1. Sasaran
a.       Meningkatnya wawasan para peserta tentang dunia usaha dengan indikator sebagai berikut :
1.      Mampu membangun visi pribadi baik sebagai calon pekerja, maupun untuk membangun usaha sendiri.
2.      Mampu mengembangkan jaringan pasar, sebagai jaminan kelangsungan usaha kemasa depan.
b.      Meningkatkan kemampuan kewirausahaan peserta didik untuk membuka usaha kecil yang dikelola secara professional.
c.       Meningkatkan kemampuan peserta tentang teknik-teknik dan cara perakitan solar cell , dengan indikator sebagai berikut :
1.      Mengenal secara umum teknologi solar cell dan cara kerjanya
2.      Mengenal dan mengerti sebab kerusakan pada solar cell (trouble shooting).
3.      Memahami tentang pembacaan skema rangkaian dan paktor keselamatan
4.      Mengerti langkah-langkah analisa kerusakan
5.      Mengetahui permasalahan dan dapat menyelesaikannya.


D.   Obyek Pelatihan

1.        Daerah-daerah terpencil ( Tidak terjangkau PLN )
2.       Pertambangan
3.       Perkebunan
4.       Alat tranfortasi ( listrik )
5.       Emergensi ( Rumah tangga perkotaan )
6.       Bencana alam ( solar cell portable )
7.        Alat komunikasi ( listrik )



E.     PENUTUP

      Berdasar jumlah penduduk dan besarnya angkatan kerja serta terbatasnya kesempatan kerja, maka LPK NCP terasa terpanggil untuk turut mengikuti program life skill ini.
      Disamping itu, sumberdaya manusia maupun sarana dan prasarana yang kami miliki sangat mendukung untuk mencapai keberhasilan program pengembangan keterampilan service ponsel. Penguasaan keterampilan ini dapat digunakan mencari kerja atau untuk mengembangkan usaha mandiri. Pelaksanaan program yang kami lakukan secara terpadu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian samapai pelaporan paripurna. Disamping itu kami akan menempatkan peserta pelatihan pada jaringan kami, selain itu kami akan melakukan pendampingan kepada peserta yang melakukan usaha sendiri

BUKA PENDAFTARAN KELAS BARU 28 DESEMBER 2012

KERJASAMA PELATIHAN ( DALAM DAN LUAR KOTA )

BELAJAR PRIVATE

PENGADAAN 

HUBUNGI KAMI DI

081399669995

Leave a Reply

Pages

BIAYA KURSUS PERAKITAN SOLARSEL

LAMA BELAJAR 1 MINGGU ( DIJAMIN BISA ) BELUM BISA UANG KEMBALI.

LANGSUNG DIBERIKAN 1 PRODUCT 500 WATT

DIJAMIN BISA DIJADIKAN UNIT USAHA ( MANDIRI )

INFO LANJUT SMS/ CALL 081399669995 ( 24 JAM )
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogger news